Minggu, 01 November 2015

sandi BIFID (BIFID CIPHER)

Diposting oleh Unknown di 23.45
Dalam seni kriptografi klasik, sandi BIFID (BIFID CIPHER) adalah sandi/cipher yang diciptakan sekitar tahun 1901 oleh Felix Delastelle, awalnya dia hanya membuat sandi dalam 1 kotak (bifid cipher), lalu diapun sempat membuat 1 penerapan lagi, dengan membentuk perluasan pembagian 3 kotak (trifid) untuk memperkecil kemungkinan pesan dalam sandi/cipher itu gampang dipecahkan saat mengirim pesan ketika perang, dimana pada sandi BIFID menggunakan 1 buah kotak 5x5, sedangkan pada TRIFID menggunakan 3 buah kotak 3x3. Untuk sandi TRIFID (TRIFID cipher) akan dibahas minggu depan, kali ini fokus ke BIFID cipher dulu XD

Biasanya pada penerapan aslinya, untuk sususan alfabet awalnya, digunakan juga substitusi alfabet agar mempersulit pihak lawan mengerti isi pesan yang disampaikan jika kiriman pesan saat perang itu berhasil digagalkan lawan. Tetapi untuk agar gampang dimengerti, kita akan menggunakan susunan alfabet standar ABCDE.

Berikut ini penerapan cara pemakaian Sandi BIFID (BIFID cipher) :

Sandi BIFID (BIFID cipher) adalah sandi yang menggunakan kotak 5x5, jika dilihat sepintas mirip sandi bunga molek/merah putih, tetapi dengan menggunakan angka dan penerapan yang lebih rumit. Bahkan diketahui jika sumber asal sandi bunga molek ataupun merah putih itu adalah dari sandi/cipher BIFID ini.

Jika menggunakan alfabet standar A s/d Z, maka tampilannya akan seperti yang dibawah ini atau pada gambar diatas.

__1_2_3_4_5
1_A_B_C_D_E
2_F_G_H_I/J_K
3_L_M_N_O_P
4_Q_R_S_T_U
5_V_W_X_Y_Z

Pada sandi BIFID ini, huruf I & J berada di 1 kolom yang sama, karena penyesuaian jumlah 5x5 dgn total alfabet adalah 26 maka harus ada 1 yang berbagi tempat, dan bagi bahasa Inggris sendiri, huruf 'J' adalah termasuk huruf yang jarang muncul bahkan dibandingkan Z V ataupun Q, karena itulah huruf J disatukan dengan huruf I, jadi kalau baris 2 kolom 4 keluar, itu pilihannya kemungkinan I atau J, kalau kamu sering main games scrabble pasti ngerti, soalnya huruf J itu point nya gede XD

Back to Topic, seperti yang aq jelasin sebelumnya, sandi ini sama sekali gak semudah penerapan sandi merah putih, karena menggunakan pemecahan berlapis. Begini caranya, misalnya kata pertama pesan yang ingin kita sampaikan adalah 'DETEKTIF', maka sesuai kolom diatas, kita bentuk kata DETEKTIF dengan menggunakan tabel diatas. Ingat, dibacanya angka di kiri dulu (baris), baru kemudian di atasnya (kolom)

D = 14, E = 15, T = 44, E = 15, K = 25, T = 44, I = 24, F = 21

lalu susunlah kebawah untuk tiap hurufnya,

DETEKTIF
11412422
45455441

lalu huruf yg disusun itu dibaca perbaris menjadi 1 kesatuan dengan yang bawah, lalu dibagi masing-masing 2, menjadi :

11412422 + 45455441 => 1141242245455441 => dibagi dua dua =>
11 41 24 22 45 45 54 41

hasil per 2 angka ini kemudian disesuaikan dengan kotak huruf yang ada sebelumnya,

11 = A, 41 = Q, 24 = I, 22 = G, 45 = U, 45 = U, 54 = Y, 41 = Q
= AQIGUUYQ

jadi hasil persandian BIFID (BIFID cipher) untuk kata DETEKTIF adalah AQIGUUYQ.

untuk pemecahan isi pesan dari sandi BIFID, dilakukan metode sebaliknya, dimana AQIGUUYQ dibentuk berdasarkan angka di tabel, lalu di bagi 2 bagian dan kemudian ditumpuk, setelah itu dibaca dari atas ke bawah hurufnya dan samakan dengan tabel, maka akan diketahuilah jika kata yang dimaksud adalah DETEKTIF.

Seperti yang aq bilang sebelumnya, pemecahan untuk sandi ini dalam penerapan aslinya jauh lebih sulit, karena menggunakan substitusi alfabet, bukan kotak 5x5 yang isinya ABCDE tersusun normal, ada kata kunci berupa kata dengan huruf berbeda, misalnya kata kuncinya adalah SAMBEL, maka nanti kotak 5x5 nya akan diolah dulu dengan kata sambel lalu lanjutkan dengan alfabet yang belum ada dari kata SAMBEL seperti ini :

SAMBE
LCDFG
HIKNO
PQRTU
VWXYZ

maka kotaknya nanti akan diambil per kolom seperti ini :

__1_2_3_4_5
1_S_L_H_P_V
2_A_C_I/J_Q_W
3_M_D_K_R_X
4_B_F_N_T_Y
5_E_G_O_U_Z

---

Susah ya??? XD
Minggu depan masih ada lagi sandi TRIFID, ditunggu aja XD
Gak kebayang kalo harus nerapinnya dalam suasana perang.

Nanti habis ini kita latihan yuk...
Kalo sempet, nanti insya Allah akan ada quiz belajar sandi BIFID ini, buat ngelatih supaya sama-sama bisa, udah deh segitu aja infonya, semoga bermanfaat ya XD
feel free to tag 
kalau gak bisa tag, request aja XD

sumber : wikipedia, berbagai web, https://www.facebook.com/CCDIofficial

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Dapatnya angka" itu dari mana ya kak kok bingung saya

Unknown mengatakan...

Keren

Unknown mengatakan...

your blog is so cute

Posting Komentar

 

Me You^^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review