Minggu, 01 November 2015

SEJARAH DAN SEKILAS TENTANG SANDI MYSZKOWSKI

Diposting oleh Unknown di 23.46
Myszkowski Cipher atau Sandi Myszkowski adalah salah satu dari Classical Cipher yang populer ciptaan dari Émile Victor Théodore Myszkowski, seorang pensiunan kolonel dari Militer Perancis yang dipublikasikan melalui buku yang ditulisnya yaitu "Cryptographie indéchiffrable" pada tahun 1902. Cipher ini dinamakan sesuai dengan namanya yaitu Myszkowski.

Myszkowski Cipher merupakan jenis sandi transposisi tanpa merubah bentuk dari pesan tersebut, tetapi hanya menggunakan metode tertentu dalam pengacakan pesan. Sandi ini termasuk salah satu sandi yang populer digunakan karena mudah dibuat. Sandi ini mirip dengan AMSCO cipher, dari tampilan metodenya dan fungsinya yang juga merupakan sebagai Cipher yang digunakan untuk pesan panjang, tetapi dengan sistem yang jauh lebih mudah karena tidak perlu pembelangan huruf yang akan menyulitkan pemecahan seperti pada AMSCO cipher. AMSCO sendiri sebenarnya adalah pengembangan dari Sandi Myszkowski itu sendiri. Yang membedakan kedua sandi tersebut selain proses pembelangan huruf pada AMSCO, adalah sandi Myszkowski menggunakan kata kunci berupa sebuah kata, bukan angka seperti AMSCO.

- CARA MEMBUAT PESAN DENGAN SANDI MYSZKOWSKI

Cara membuat pesan dengan sandi Myszkowski sangat mudah. Pertama-tama terlebih dahulu kita memilih kata yang ingin kita jadikan sebagai kata kunci. Misalnya untuk contoh kita gunakan kata 'DETEKTIF' sebagai kata kuncinya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat urutan huruf mana yang muncul terlebih dahulu dari kata DETEKTIF dengan susunan angka, mirip seperti alfagram, tetapi dimana disini posisi huruf yang sama akan diberikan nomor yang sama, tidak diambil berdasarkan yang paling awal muncul. bila SAYA akan menjadi 2131 (karena AASY = 1123, maka SAYA = 2131 disusun berdasarkan huruf yg muncul lebih awal)
Sesuai contoh kata DETEKTIF akan menjadi 12625643 (DEEFIKTT = 12234566)

Setelah angka yang yang didapat dari kata kunci sudah kita temukan, kemudian pilihlah pesan yang ingin kamu sandikan, misalnya untuk kali ini kita menggunakan motto dari CCDI yaitu WE ARE ONE WE ARE FAMILY WE ARE CREATIVE DETECTIVE WE ARE CCDI.

Lalu susunlah dalam bentuk tabel menurun seperti ini :

DETEKTIF
12625643
--------
WEAREONE
WEAREFAM
ILYWEARE
CREATIVE
DETECTIV
EWEARECC
DI

Jika sudah dibentuk seperti diatas, ambilah huruf mendatar kebawah untuk setiap angka yang muncul terlebih dahulu, atau langsung susun tabel berdasarkan angka yang paling awal juga bisa untuk mempermudah proses pengerjaan misalnya seperti ini :

DEEFIKTT
12234566
--------
WERENEAO
WERMAEAF
ILWEREYA
CRAEVTEI
DEEVICTT
EWACCRRE
DI

1 hal yang WAJIB diingat!
Jika dalam kata kunci terdapat angka yang sama karena diawal kata kunci hurufnya sama, misalnya pada contoh diatas kamu menemukan angka 2 dari huruf E dan angka 6 dari huruf T ada 2, maka kamu harus mengambil hurufnya belang-belang dimulai dari yang lebih awal (yang paling kiri) ke yang paling kanan.

Contoh jika di kolom angka 2 yang pertama menurun kebawah EELREWI dan yang di kolom angka 2 yang kedua menurun kebawah RRWAEA, maka kamu mengambil pesannya secara belang-belang menjadi ERERLWRAEEWAI, seperti itu.

Jadi jika kita menggambil tiap angka menurun dari angka pertama muncul ke angka paling akhir muncul (ingat angka sama diambil belang-belang), maka hasilnya adalah :

kolom angka 1 = WWICDED
kolom angka 2 = ERERLWRAEEWAI *belang-belang*
kolom angka 3 = EMEEVC
kolom angka 4 = NARVIC
kolom angka 5 = EEETCR
kolom angka 6 = AOAFYAEITTRE *belang-belang*

WWICDED ERERLWRAEEWAI EMEEVC NARVIC EEETCR AOAFYAEITTRE

Kemudian huruf yang sudah didapat disusun dari nomor 1 s/d nomor 6 dan dapat kamu bagi per 5 huruf misalnya(bebas membagi berapapun untuk mengecoh) akan menjadi seperti ini :

WWICD EDERE RLWRA EEWAI EMEEV CNARV ICEEE TCRAO AFYAE ITTRE

Jadi hasil Sandi Myszkowski dari motto CCDI dengan kata kunci DETEKTIF adalah WWICD EDERE RLWRA EEWAI EMEEV CNARV ICEEE TCRAO AFYAE ITTRE.

Untuk memecahkan cipher ini sangat mudah, asal diketahui kata kuncinya. Metodenya tidak sesulit dalam memecahkan AMSCO cipher. Yang pasti pertama-tama pesan yang disandikan itu dibagi-bagi berdasarkan jumlah huruf dari kata kuncinya, baru kamu pakai penerapan terbalik.

sumber : wikipedia, Cryptopedia Classic, https://www.facebook.com/CCDIofficial


0 komentar:

Posting Komentar

 

Me You^^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review