Minggu, 01 November 2015

SANDI/KODE : ASCII (American Standard Code for Information Interchange)

Diposting oleh Unknown di 15.18
Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi atau ASCII (American Standard Code for Information Interchange) merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal.
Kode ini selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks. Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 8 bit. Dimulai dari 0000 0000 hingga 1111 1111 *kapan-kapan akan diinfokan*. Total kombinasi yang dihasilkan sebanyak 256, dimulai dari kode 0 hingga 255 dalam sistem bilangan Desimal.
Bisa dilihat pada gambar, ada kode Desimal, Hexa, Octal, Biner dan Character yg dihasilkan.

Dalam sistem operasi Windows dan MS-DOS, pengguna dapat menggunakan karakter ASCII dengan menekan tombol Alt + [ nomor nilai desimal ]
Misalnya, kode ASCII lambang < adalah 60. Angka yang digunakan adalah angka yang berada di sebelah kanan keyboard, bukan yg berada diatas huruf qwerty.
maka tekanlah Alt dan tahan, lalu tekan nomor 6 dan 0 di angka keyboard sebelah kanan, lalu lepaskan, maka akan menjadi simbol '<'.
dan misalnya kode ASCII untuk angka 3 adalah 51, maka tekanlah tombol alt dan tahan, lalu tekan 5 dan 1 pada kolom angka sebelah kanan keyboard, lepas alt nya, maka jadilah angka '3'.

Khusus untuk ASCII dengan basis Html (pada tabel baris html), kodenya wajib 4 digit, jadi jika nomor kode Html nya adalah 64, tambahkanlah 2 digit 0 diawalnya menjadi Alt + 0064.

Ada lagi sebenarnya, beberapa lambang ASCII yg memiliki nomor desimal diatas 127 (pada gambar hanya sampai 127) yg dikenal dengan nama Extended ASCII Code.
contoh 224 (alt + 224) untuk lambang a (alpha), 225 (alt + 225) untuk lambang ß (beta) dan lain-lain.

Mudah kan penerapannya???
Semoga Infonya bermanfaat Detektif ^w^

free to tag the Photo.

sumber : wikipedia, https://www.facebook.com/CCDIofficial

0 komentar:

Posting Komentar

 

Me You^^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review