Minggu, 01 November 2015

SEKILAS TENTANG SANDI QUAGMIRE

Diposting oleh Unknown di 23.44
Sandi Quagmire II adalah sandi versi kedua dari 4 versi di salah satu Cipher Classic populer yaitu The Quagmire Cipher. The Quagmire Cipher atau Sandi Quagmire sendiri merupakan salah satu dari Sandi Transposisi yang membentuk huruf baru yang menggunakan metode dengan tabel fleksibel seperti halnya Homophonic Cipher, tetapi dengan pola atau sistem yang unik, dikarenakan juga ditambahnya dengan kespesialan penggunaan 2 kata kunci pada sandi tersebut dalam pembentukan tabelnya. Sandi ini adalah salah satu sandi yang populer dalam pembuatan pesan yang cukup panjang karena kemudahan dalam pembuatannya.

- CARA MEMBUAT PESAN DENGAN SANDI QUAGMIRE 2

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Pada Sandi Quagmire menggunakan sistem 2 kunci dalam pembentukan tabel untuk menulis pesan atau memecahkan pesannya. Misalnya yang akan dicontohkan disini kunci pertama adalah kata 'AGEHA' dan kunci kedua adalah kata 'VICTORIQUE'.

Pada Sandi Quagmire II, Pada huruf awal tetap berbentuk alfabet normal A sampai dengan Z, sementara untuk kedua kata kuncinya bisa bebas menggunakan kata atau kalimat apapun. Tetapi ingat, dengan sistem pembuatan ketika dibentuk ke tabel, huruf yang sudah muncul sebelumnya akan dihilangkan khusus pada kata kunci kedua. Jadi pada tabel, karena huruf I yang sudah muncul sebelumnya dihilangkan jadi 'VICTORQUE'. misalnya menggunakan kata lain seperti DETEKTIF, maka akan menjadi DETKIF karena huruf E dan T sudah ada muncul. Jika kunci kedua adalah AKU SAYANG KAMU, maka awal tabelnya akan menjadi 'AKUSYNGM' karena huruf A K U sudah muncul di awal sehingga jika huruf itu muncul kembali pada kata kunci 1 tidak akan dipakai. Sedangkan pada kata kunci pertama, persamaan huruf tidak masalah karena diperbolehkan persamaan huruf. Jadi kata 'AGEHA' akan tetap sebagai 'AGEHA', tidak mengalami perubahan.

Pada kunci kedua kata VICTORQUE yang akan dibuat menjadi patokan perpindahan pada tabel, maka sisa huruf yang tidak ada pada kata VICTORQUE masukan setelahnya, sehingga tabel awal di huruf atasnya yang akan menjadi patokan menjadi VICTORQUEABDFGHJKLMNPSWXYZ.

Pada kata kunci pertama 'AGEHA' yang akan menjadi landasan awal tabel, tiap huruf itu akan menjadi acuan huruf awal yang akan mengisi hasil dari perubahan pada tabel, dengan susunan alfabet seperti yang sudah dihasilkan dengan kata kunci 'VICTORIQUE' yaitu VICTORQUEABDFGHJKLMNPSWXYZ, ditaruh mendatar setelah huruf pertama pada kata kunci pertama yang muncul. Misalnya dari huruf A, berarti akan menghasilkan baris no 1 huruf A yaitu ABDFGHJKLMNPSWXYZVICTORQUE (ambil A sebagai huruf awal lalu lanjutkan penyusunan alfabetnya sesuai dari hasil yang didapat sebelumnya). Lalu pada huruf G di baris no 2 tabel hasilnya akan menjadi GHJKLMNPSWXYZVICTORQUEABDF, dst.

Dan hasil tabelnya kira2 akan seperti ini :

ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ (huruf awal)
--------------------------------------------------------
ABDFGHJKLMNPSWXYZVICTORQUE (baris 1 diawali A)
GHJKLMNPSWXYZVICTORQUEABDF (baris 2 diawali G)
EABDFGHJKLMNPSWXYZVICTORQU (baris 3 diawali E)
HJKLMNPSWXYZVICTORQUEABDFG (baris 4 diawali H)
ABDFGHJKLMNPSWXYZVICTORQUE (baris 5 diawali A)

(Bisa dilihat contoh hasil tabel yang terbentuk dari kata kunci 1 AGEHA dan kata kunci 2 VICTORIQUE pada gambar)

Pada saat pembentukan Cipher nanti, pembagian hasil disesuaikan dengan jumlah huruf pada kata kunci pertama, yang mana berarti karena kata kunci pertama yaitu 'AGEHA' terdiri dari 5 huruf, maka pembagian pengkodeannya juga dibagi menjadi 5 kolom.
Umumnya kata kunci pertama dalam Sandi Quagmire 2 ini berupa kata dengan jumlah 3 s/d 7 huruf. 

Sedikit informasi, sebenarnya sistem pada Quagmire I, II, III dan IV tidak jauh berbeda, hanya pada masalah penerapan kunci dalam pembentukan tabel nya saja.

Back to Topic, setelah tabel terbentuk sesuai kata kunci, barulah kamu siapkan kata yang ingin kamu rubah ke dalam pesan bersandi Quagmire 2, misalnya kali ini kita gunakan contoh menggunakan motto CCDI (karena sandi ini adalah tipe untuk penerapan pesan panjang) yaitu 'WE ARE ONE WE ARE FAMILY WE ARE CREATIVE DETECTIVE WE ARE CCDI'.

Pertama susunlah kata yang ingin disandikan dalam bentuk per baris 5 huruf (sesuai dengan jumlah huruf pada kata kunci ke 2, karena pada contoh ini kita menggunakan kata kunci ke 2 yaitu 'AGEHA' yang berjumlah 5 huruf) seperti ini :

12345
-----
WEARE
ONEWE
AREFA
MILYW
EAREC
REATI
VEDET
ECTIV
EWEAR
ECCDI

setelah dibentuk seperti diatas, rubahlah huruf per kolom diatas sesuai tabel yang sudah dibentuk sebelumnya, huruf-huruf di kolom angka 1 diatas diganti sesuai perubahan di baris nomor 1 di tabel, huruf-huruf di kolom angka 2 diatas diganti sesuai perubahan di baris nomor 2 di tabel, dan seterusnya.

maka nanti hasil akhirnya akan seperti ini :

12345
-----
RLERG
XVFBG
AOFNA
SSNFR
GGZMD
VLEUL
OLDMC
GJIWO
GAFHV
GJBLL

maka hasil dari sandi QUAGMIRE I untuk motto CCDI adalah :
RLERG XVFBG AOFNA SSNFR GGZMD VLEUL OLDMC GJIWO GAFHV GJBLL 

bisa kamu persulit tampilannya misalnya dengan digabungkan atau dibagi per dua-dua terserah kamu seperti ini : RL ER GX VF BG AO FN AS SN FR GG ZM DV LE UL OL DM CG JI WO GA FH VG JB LL 

untuk mengirim pesan tersebut dengan sandi Quagmire 2, biasanya akan ditulis seperti ini :

AGEHA, VICTORIQUE, RL ER GX VF BG AO FN AS SN FR GG ZM DV LE UL OL DM CG JI WO GA FH VG JB LL.

Sandi ini termasuk sandi yang sangat sulit dipecahkan jika tanpa memiliki kata kunci. Kalau cara untuk memecahkan sandi Quagmire 2 ini cukup dibalik aja, asalkan kamu tahu 2 kata kuncinya, buatlah tabel dengan kata kunci tersebut, lalu susun pesannya sesuai dengan jumlah huruf di kata kunci ke 2, jangan terpengaruh dengan pesan yang tercampur jadi satu, disusun per dua huruf, tetaplah fokus pada jumlah huruf pada kata kunci pertamanya.

sumber : wikipedia, American Cryptogram Association, https://www.facebook.com/CCDIofficial

0 komentar:

Posting Komentar

 

Me You^^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review